Selasa, 07 Juni 2022

Gw Benar-Benar Sudah Selesai dari TC, UPH dan Halo TC, Columbia University!

Tahun 2017, 

Gw akhirnya lulus dari TC dan menjalani penempatan di SLH Curug selama tiga tahun. 

Tahun 2018,

semua tulisan di blog ini gw hide, entah kenapa, lagi penempatan jadi ga mau banyak tingkah, haha, tapi sekarang, Juni 2022, gw memutuskan untuk publish lagi tulisan2 gw yang berkaitan dengan pendidikan S-1 gw (tidak dengan cerita cinta masa SMA, haha, biarlah hanya orang-orang tertentu yang tahu, walau ada satu tulisan yang emang bagus bgt, kekuatan cinta 'monyet' emang ya) 

dan akhirnya..

Tahun 2020, 

gw selesai dengan tanggung jawab gw dan mendapatkan ijazah S-1 gw! Yay!

Terima kasih TC, UPH untuk segala didikan dan pengalamannya!


Sedikit kembali ke 2019,

tahun terakhir penempatan, gw bingung mau ngapain setelah lulus. Singkat cerita gw percaya kalau gw mau S-2 karena gw suka belajar dan ingin melakukan hal yang lebih besar dengan segala bakat dan kemampuan yang gw yakini Tuhan sudah titipkan kepada gw. 

Jadi tahun 2019 di bulan Agustus, gw ikut seleksi LPDP untuk mendapatkan beasiswa S-2, singkat cerita sok-sokan milih S-2 di luar negeri jalur regular. Setelah melewati proses yang panjang, melelahkan, sulit, sendirian (again, ketemu teman-teman baru selama proses seleksi) tp sendirian dari tempat kerja, Desember 2019 gw dinyatakan sebagai penerima beasiswa LPDP! 

Puji Tuhan! YES!! Segala yang dimulai dengan motivasi yang benar dan keyakinan yg datang dari Tuhan (yang diketahui lewat doa) emang Tuhan akan bukakan jalan.

Sejak diterima sebagai awardee LPDP di Desember 2019, gw langsung daftar universitas yang gw tuju. 


Maret 2020

gw diterima di Teachers College, Columbia University. Ya, gw yakin itu semua karena anugerah Tuhan. Haha, apalah gw bisa S-2 di program yang sama, Mathematics Education, di salah satu Ivy League Schools. Itu semua cuma karena Tuhan baik dan tolong gw :)

Juli 2020,

akhirnya gw menyelesaikan resiprokasi dan mendapatkan ijazah gw. Rencana awalnya langsung berangkat di September, tapi apa daya, pandemi Covid datang. Semua rencana harus ditunda dan emang gw harus belajar percaya, kl emang belum waktunya, ya belum. Gw pikir gw tahu yang terbaik, tapi Tuhan yang tahu setiap waktu terbaik untuk setiap momen hidup gw. Akhirnya gw kerja lagi selama enam bulan, di mana? Di yayasan yang sama, haha. Again, cuma karena anugerah Tuhan ada yang mau mempekerjakan gw selama enam bulan. Terima kasih...


Januari-Mei 2021

Gw memutuskan untuk menghabiskan waktu di rumah sama keluarga serta persiapan terakhir sebelum berangkat di Mei. Sejak 2013, kurang lebih udah 7.5 tahun gw ninggalin rumah dan jarang spend time dengan mereka. Gw juga sadar, setelah gw berangkat ke US, gw bakal di sana dua tahun, dan selama dua tahun itu, gw mungkin ga balik sama sekali. Ini lima bulan yang menyenangkan bareng keluarga gw karena selama 7.5 tahun, ud berapa banyak imlek dan ulang tahun keluarga gw yang gw lewatkan. Oia, dalam lima bulan ini, ga cuma persiapan, gw juga menjalani operasi 3x, operasi gigi bungsu! Empat-empatnya.. Ngatur waktu untuk operasi 3x, vaksin ABCDE, ngurus paspor, visa, persiapan keberangkatan ke luar negeri pertama kalinya, stress bgt, udah paling bener tinggal sm keluarga dalam lima bulan ini.


Mei 2021,

akhirnya gw berangkat dan memulai perkuliahan di sini..

dan sekarang 


Juni 2022,

Gw di kamar gw di US, menulis blog ini. Entah kenapa tiba-tiba keinget gw pernah nulis blog tentang hidup gw sejak jaman masih SMA, alay dan ahh...sulit dijelaskan. LOL! Gw berusaha mencari alamat email sejak jaman purbakala dengan gaya alamat email yang masih alay, dan juga berusah ingat2 passwordnya. Akhirnya ketemuu..


Akhirnya gw cuma bisa bilang

Cuma Tuhan Yesus yang bawa gw sampai ke titik ini!


Sejak 2013,

Tuhan arahin gw kuliah di UPH, jadi guru, bantu gw dapat beasiswa, hingga benar-benar bisa berada di NYC menjalani studi S-2 gw. Bukannya mau terkesan sok religius, tapi apa lagi yang bisa gw nyatakan kalau bukan kebaikan Tuhan dalam perjalanan hidup gw...

Untuk kalian yang mau masuk TC UPH ataupun yang lagi mau melanjutkan studi S-2 dan nyasar di blog ini, semoga Tuhan membukakan jalan terbaik juga untuk kalian.

Ikut Tuhan ga gampang, banyak godaan, gw juga bukan manusia sempurna malah gw makin sadar gw manusia yang 'jahat' bgt seumur hidup gw, tapi emang TUHAN YESUS baik banget sama gw, dengan melimpahkan penyertaan dan anugerah-Nya sejak gw memilih ikut DIA. Sekalipun gw berkali2 jatuh dan tidak layak menerima anugerah Tuhan, tapi memang anugerah tidak tentang SIAPA YANG DIBERI, karena anugerah adalah tentang SANG PEMBERI.


Semoga Tuhan memberkati hidup kalian dan cita-cita kalian!


With Love,

Novia Hoki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar